Prodi MKn Unissula Perkuat Reputasi Unggul Menuju Reputasi Kelas Asia

Prodi MKn Unissula Perkuat Reputasi Unggul Menuju Reputasi Kelas Asia

Perubahan kurikulum merupakan sesuatu hal yang lumrah terjadi. Kurikulum harus menyesuaikan perkembangan dan dinamika kebutuhan masyarakat. Kurikulum Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Unissula telah bertransformasi dari masa ke masa, salah satunya menyesuaikan kurikulum Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang telah mengubah standar nasional pendidikan tinggi dan sistem akreditasi pendidikan tinggi secara fundamental.

Ketua Prodi MKn FH Unissula, Dr.Nanang Sri Darmadi, S.H., M.H, Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Prodi MKn FH Unissula) Semarang, Jawa Tengah kepada Notarynews dalam wawancaranya pada Minggu, (10/3) disela-sela acara Materikulasi Mahasiswa Baru Prodi MKn FH Unissula Angkatan 2024 menegaskan bahwa lahirnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 merupakan kerangka (framework) untuk pengembangan standar di perguruan tinggi Prodi MKn FH Unissula.

Mahasiswa Prodi MKn Unissula foto bersama di halaman Kampus Universitas Antar Bangsa Malaysia

Mahasiswa Prodi MKn Unissula foto bersama di halaman Kampus Universitas Antar Bangsa Malaysia

“Outcomenya kita melakukan pendekatan dalam sistem pendidikan yang fokus dan tujuannya jelas sehingga kompetensi yang penting dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dapat dicapai mengikuti perkembangan kenotariatan dan ke PPAT an.

Kunjungan Mahasiswa Prodi MKn Unissula ke Mahkamah Agung

Kunjungan Mahasiswa Prodi MKn Unissula ke Mahkamah Agung

“Alhamdulilah tahun ini kita mendapatkan kepercayaan publik dimana, sebanyak 153 calon mahasiswa mendaftar pada tahun akademik 2024-2025. Dari jumlah tersebut yang sudah diterima 126 mahasiswa, tapi yang sudah melakukan registrasi ada 123 mahasiswa,” ungkap Kaprodi MKn Unissula mengawali wawancaranya.

Diakui Kaprodi MKn Unissula, dari segi jumlah mahasiswa, memang tidak ada peningkatan jumlah mahasiswa, artinya di Prodi MKn Unissula masih tetap stabil dan ini juga disesuaikan dengan target dari rektor.

Ditegaskan Nanang, pengembangan kurikulum pendidikan merupakan hal central dalam pendidikan dan wajib dilakukan untuk kemajuan, jika tidak maka kita akan tertinggal. Begitu pula untuk mengembangkan kurikulum baru misalnya, kita juga melibatkan organisasi Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah ( IPPAT ), sehingga terbentuk kurikulum yang ideal dan sistematik yang sesuai kebutuhan dan melahirkan Notaris PPAT yang profesional dan handal, maka lahirlah salah satu mata kuliah baru ketika itu yaitu; “Problematika Hukum Jabatan Notaris dan PPAT”.

Sementara untuk tahun 2024, lanjut Nanang,
dikarenakan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memiliki visi menjadi universitas bereputasi di Asia maka tahun ini kita meluncurkan mata kuliah baru yaitu “Studi Perbandingan Hukum’.

Visi tersebut diimplementasikan merespon perkembangan ilmu kenotariatan yang sangat dinamis, termasuk hasil implementasi dari kunjungan kita (ke negara Malaysia dan Singapura) yang menganut sistem anglo saxon maupun sistem civil law.

“Prodi MKn Unissula menyadari langkah yang tepat untuk menjadi bereputasi Asia tidak hanya dengan mengirim staf atau mahasiswanya keluar, tapi juga menerima staf dan mahasiswa untuk bergabung dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Karenanya, setiap tahun kami melakukan studi bandung keluar negeri serta menerima mahasiswa asing dan memanggil dosen tamu yang kami rangkai dalam agenda khusus yaitu ‘Kuliah Pakar” baik melibatkan pembicara dari dalam negeri maupun dari luar negeri,” ungkap Nanang kepada Notarynews.

Namun lanjut Kaprodi MKn Unissula ini untuk menuju kampus yang bereputasi Asia tentu saja bukan perkara mudah, karenanya Prodi MKn Unissula harus tetap menjaga kualitas lulusan dan memfokuskan pengelolaan kualitas pendidikan dan program studi, agar bisa mencapai target berdasarkan visi dan misi sesuai dengan program yang sudah direncanakan.

Dengan pencapaian Prodi MKn Unissula yang sudah memperoleh “Akreditasi Unggul” tentu saja ini modal menuju Kampus Bereputasi Asia dengan juga dengan dukungan seluruh sivitas akademika, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni serta para mitra dan juga pengguna. “Akreditasi Unggul yang diraih Prodi MKn Unissula menjadi modal bagi Prodi MKn Unissula untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia dan menuju kampus bereputasi di kawasan Asia.

Diakhir wawancaranya dengan Notarynews, Kaprodi MKn FH Unissula mengungkapkan soal kesiapan Prodi MKn FH Unissula sebagai tuan rumah pelaksanaan “Lomba Kemahiran Pembuatan Akta Notaris – PPAT dan Lomba Debat” Tingkat Nasional Serta Lokakarya Internasional yang bekerjasama dengan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan PTS Indonesia (FK PS MKN PTS I) dan pelaksanaan penyelenggaraan rencananya akan dilaksanakan pada bulan Julii 2024. (Pramono)


sumber : (Semarang – Notarynews) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *