Close
Bismillah membangun generasi Khaira Ummah

Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Mahasiswa Magister

Semarang. “Seorang Calon Magister Kenotariatan harus memiliki kemampuan untuk menuliskan pemikiran dan hasil penelitiannnya dalam jurnal ilmiah dengan baik, dan memenuhi kaidah-kaidah dalam penulisan artikel ilmiah. Oleh karena itu Program Magister Kenotariatan senantiasa membekali mahasiswa dengan ilmu alat. Kali ini dalam bentuk pelatihan penulisan artikel pada jurnal ilmiah,” demikian pesan ketua program Magister Kenotariatan yang sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Program, Dr. Amin Purnawan, S.H., Sp.N.,M.Hum. dalam kegiatan Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa Magister Kenotariatan UNISSULA. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 September 2020 menghadirkan narasumber : Prof. Dr. Irwansyah, S.H.,M.H.  (Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanudin, Asesor Jurnal Kemenristek-BRIN, Reviewer Jurnal/Nara Sumber/Konsultan Jurnal, Chief Editor Hasanuddin Law Review & Jurnal Amannagappa, Pembina Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Indonesia). Pelatihan dilakukan secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan diikuti oleh mahasiswa semester 3 dan semester 4. Publikasi pada jurnal ilmiah ini merupakan salah satu syarat kelulusan program Magister.

Dalam paparannya Prof. Irwansyah menyampaikan tentang kategori jurnal ilmiah menurut PERMEN RISTEK DIKTI NO 20 THN 2017. Artikel untuk JurnalMahasiswa magister tentu berbeda dengan artikel mahasiswa S1. Perbedaan utama adalah pada kalau di S1 Norma yang diuji, sedangkan di S2 teori yang diuji, 

Naskah untuk jurnal seharusnya ada Pernyataan (Claim), Bersifat Baru (Novel), Bukan hal yg sdh layak diketahui, berguna/kontribusi (useful), serta masuk akal  (sound).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *