Close
Bismillah membangun generasi Khaira Ummah

Laboratorium Kenotariatan Unissula

Magister Kenotariatan UNISSULA kembangkan Laboratorium Kenotariatan

Semarang- Kompetensi sangat penting dalam profesi notaris. Pasalnya, seorang notaris harus memegang sejumlah azas dalam bekerja. Di antaranya, keseimbangan untuk menciptakan kepastian hukum, perlindungan pada klien, tahu hak dan kewajiban serta peraturan perundang-undangan, dan azas beretika baik. Demikian disampaikan oleh Dekan, Fakultas Hukum UNISSULA, Prof. Dr. Gunarto, S.H.,M.Hum. Senada dengan itu Ketua Prodi Kenotariatan UNISSULA, Dr. H. Akhmad Khisni, S.H.,M.H., lulusan Magister Kenotariatan, diharapakan menjadi notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) yang profesional dan handal, melayani masyarakat dengan baik.
Untuk menghasilkan calon notaris / PPAT yang handal, profesional & amanah disamping pelaksanaan perkuliahan secara teratur sesuai kurikulum yg diterapkan, maka Prodi Kenotariatan Unissula, telah mengembangkan Laboratorium Kenotariatan Unissula. Tujuan dikembangkan Laboratorium Kenotariatan adalah untuk memberikan pengalaman praktek pembuatan akta (awal akta/judul akta, badan akta, dan akhir akta), merenvoi akta, menggaris akta, menjahit akta, pengisian repotarium akta, pembuatan laporan bulanan akta notaris dan PPAT, mengakses proses pendirian badan hukum secara online ke AHU, Sisminbhkop, oss, dan pengajuan proses ke Kantor Pertanahan Nasional (Kantah/ATR) setempat, serta memecahkan permasalahan yang muncul dalam praktek kenotaritan dan kePPAT-an, kupas tuntas anatomi akta berdasarkan UUJN no. 2/2014 dan Perkaban no. 8/2012.
Laboratorium Kenotariatan dilengkapi dengan ruang nyaman berAC, perangkat Komputer, jaringan internet dan WIFI, printer khusus A3 untuk praktek mencetak akta, projektor, serta contoh-contoh akta yang baik. Praktek di laboratorium didampingi oleh notaris dan PPAT berpengalaman sekaligus untuk sharing penyelesaian permasalahan yang muncul dalam praktek di dunia kenotariatan dan ke PPAT-an.